Membuat Mockup Dengan Software Gratis Kursus SEO

kursusseomedan.com – Banyak dari pemilik web designer belum menguasai cara membuat mockup desain web sendiri secara gratis. Melalui krsus SEO ini, Anda sebagai web designer akan mampu menciptakan sektsa rancangan dengan tampilan berbeda. Dan ini memiliki nama lain yaitu wireframing.

Untuk mencipatakan wireframing atau mockup web, Anda sebagai web designer harus melihat poin penting tentang kebutuhan yang di inginkan calon pelanggan potensial. Banyak dari web designer yang telah melalui proses wireframing dengan menampilkan iinformasi secara langsung.

Dimana dalam prosesnya, web designer akan membuat seketsa langsung melalui selembar kertas. Namun sebagian dari mereka ada yang menggunakan software online. Lalu bagaimana cara melakukannya? berikut ini kami bagikan cara membuat mackup dengan software gratis kursus SEO di kursusseomedan.com

  1. Figma

Figma adalah perangkat lunak (software) mockup web gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat wireframing . Figma memudahkan perancang web untuk Anda yang ingin membuat mockup web di Internet dengan proses sederhana dan cepat.

Dengan Figma, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan proses pembuatan desain web dan membuat mockup. Karena figma menawarkan menu simple, jadi Anda sebagai web designer dapat lebih mudah menggunakan figma nantinya.

  1. Balsamiq

Balsamiq mockup free adalah salah satu perangkat lunak (software) mockup web yang paling populer, karena Balsamiq menjadi aplikasi dengan bais cloud. Dimana pada aplikasi desktopnya akan memungkinkan Anda membuat desain web dengan cepat dan mudah.

Aplikasi ini sering digunakan untuk fokus pada pengembangan dan penyelesaian masalah antarmuka pengguna yang besar. Dengan cara ini, Anda dapat lebih mudah mengembangkan antarmuka pengguna nantinya.

Dimana konten yang dibuat dalam mockup balsamiq mirip dengan menggambar pada tangan kosong. Aplikasi ini lebih fokus pada pengembangan dan penyelesaian masalah antarmuka pengguna yang lebih serius, daripada detail web.

  1. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain web paling populer, Canva menawarkan banyak proyek yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah pembuatan prototipe web. Bahkan Canva juga menyediakan template desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ini dapat diedit sesuai kebutuhan.

Canva menawarkan versi gratis, tetapi ada versi premiumnya. Anda jangan khawatir, karena ada banyak dukungan gratis yang disediakan oleh Canva. Dengan banyaknya templat yang disediakan oleh Canva, Anda dapat membuat mockup web dengan mudah dan mencari inspirasi dari templat yang ada.

  1. Mockflow

Mockflow adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat dan berinteraksi di gambar rangka interaktif dengan antarmuka pengguna web maupun aplikasi lain. Seperti Balsamiq, Mockflow yang mana menjadi aplikasi desktop sebagai lintas platform yang didukung oleh Adobe Air.

Jadi Anda dapat secara efektif membuat konsep antarmuka pengguna kedepannya. MockFlow juga memiliki 2 opsi yang gratis dan berbayar.

  1. Mockplus

Mockplus merupakan aplikasi wireframing yang memberikan desainer kemampuan untuk membuat mockup (layout) web, aplikasi seluler, dan lainnya. Dalam aplikasi ini ada lebih dari 3000 ikon dan 200 komponen yang dapat digunakan untuk membuat mockup.

Menggunakan Mockplus, Anda dapat berbagi proyek yang mendukung banyak pengguna pada proyek sama. Dengan hanya satu klik, Anda dapat menyinkronkan proyek ini di akun cloud, dan karya desainer yang berbeda dapat Anda kombinasikan.

  1. Framebox

Framebox juga menjadi selah satu aplikasi mockup gratis yang menyediakan alat untuk desain online. Aplikasi ini memiliki tampilan dan menu yang simple, sehingga Anda bisa sangat mudah memahami pembuatan mockup saat memakai Framebox.

Di halaman framebox terlihat jelas kemudahan penggunaannya. Berikutnya Cara membuat mockup web menggunakan Framebox yang bisa Anda kerjakan nanti:

  • Buat sketsa mockup menggunakan modul antarmuka pengguna yang ada.
  • Simpan dan terima link ke bingkai yang dirancang.
  • Mengirim link ke desain hasil sendiri.
  1. Cacoo

Cacoo menjadi aplikasi yang dapat membantu Anda membuat mockup web sendiri. Anda dapat membuat kerangka web yang akan diterapkan ke desktop dan smartphone dengan mudah. Aplikasi Cacoo memiliki 2 versi, yakni berbayar dan free.

Pada versi free Anda hanya dapat membuat mockup web dan mengekspor hasil mockup web dalam bentuk PNG, tidak bisa lebih dari itu.

  1. Wirefy

Wirefy termasuk aplikasi wireframing online yang dikembangkan khusus untuk desain web dan alat pengembangan. Menggunakan Wirefy, Anda dapat mempercepat proses desain, karena aplikasi ini memberikan transisi yang lebih mulus antara sketsa awal dan pekerjaan sebelumnya.

Proses kerja dari platform ini didefinisikan cukup sederhana dan jelas, jadi memungkinkan Anda untuk dengan cepat membuat antarmuka ke pengguna baru. Aplikasi ini memiliki versi premium dan free, tetapi versi free cukup baik. Karena menawarkan banyak tools yang diperlukan untuk membuat mockup web.

  1. Proto.io

Terakhir ada Proto.io, dimana termasuk aplikasi prototyping yang dibangun khusus untuk mockup dalam versi mobile. Dengan aplikasi ini, Anda lebih mudah untuk membuat mockup. Proto.io juga memberikan layanan terbaik untuk Anda, termasuk dalam hal memilih warna, font, dan mockup.

Aplikasi ini dapat Anda instal di perangkat, seperti iPad, iPhone, Android, Tablet, dan lainnya. Anda juga dapat membuat proyek berbagi (Project Sharing) atau membuat kolaborasi dengan seluruh web desainer lain di internet.

Dari sekian banyak software mackup web diatas, mungkin saat ini sudah terlintas dalam pikiran Anda ingin mencoba salah satunya. Namun semua software tersebut memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Dalam versi gratis tentunya akan memiliki keterbatasn tools yang digunakan. Jadi untuk meningkatkan pengalaman Anda, maka bisa memilih menggunakan versi premiumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *